Rabu, 22 Januari 2020

PAMERAN KARYA SENI RUPA

KARYA SENIRUPA 2D

1. KARYA LUKISAN

 [The_Scream3.jpg]
"The Scream"
EDWARD MUNCH
CAT MINYAK (1893)

         Lukisan yang menggambarkan seseorang berteriak karena perubahan cuaca di sekitarnya ini dibuat oleh pelukis asal Norwegia pada tahun 1893. Lukisan bergaya ekspresionis ini sebenarnya menggambarkan perubahan warna langit akibat letusan Gunung Krakatau di Indonesia pada 1889. Uniknya, lukisan ini pernah dicuri pada tahun 2004 dari Museum Munch dan ditemukan kembali pada tahun 2006. 


2. KARYA KALIGRAFI

Hasil gambar untuk karya lukis edi fals surat yusuf ayat 4
"Salam"
EDDI HARYADI (EDI FALS)
MIXEDMEDIA (2012)

Seni Kaligrafi adalah suatu karya seni yang memperindah huruf latin maupun arab atau disebut juga seni menulis indah.
Kata Kaligrafi ini berasal dari bahasa Yunani yang disederhanakan dalam bahasa Inggris yaitu Calligraphy yang berasal dari dua suku kata bahasa Yunani yaitu Kallos dan Graph yang berarti beauty (indah) dan grapeny: to write (menulis), jadi dapat diartikan dengan tulisan indah, atau seni tulisan indah. Dalam bahasa Arab kaligrafi, kaligrafi ini biasa disebut dengan khath, (الخط، ج خطوط) . Merupakan bentuk masdar dari bahasa Arab yaitu 
( – يخط – خطا خط) yang artinya الكتبة atau السطر (tulisan atau garis), misalnya خط الشيئ artinyaبقلم أو غيره كتبه (ia menulis atau memberi garis dengan pena atau dengan yang lain)
Meski karya kaligrafi identik dengan tulisan Arab, kata kaligrafi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani (Kalios: indah dan graphia: tulisan). Sementara itu, bahasa Arab mengistilahkannya dengan khatt (tulisan atau garis) yang ditujukan pada tulisan yang indah (al-kitabah al-jamilah atau al-khatt al-jamil).


Pemakaian istilah kaligrafi ini sering juga disebut orang kepada dua istilah. Ada yang menyebut dengan kaligrafi Arab dan ada juga yang menyebutnya dengan kaligrafi Islam. Mengenai istilah kaligrafi Arab ini Ahmad Munawir mengemukakan bahwa pada kata khath itu diberikan kata sifat العربي sehingga menjadi العربي الخط, artinya tulisan Arab. Orang yang menggeluti dan makin dalam menulis tulisan Arab disebut الخطاط (penulis halus).


3. KARYA FOTOGRAFI

"Walakiri Beach"
PUTRI ANINDYA 
TEKNIK SILUET(2017)
Fotografi (dari bahasa Inggrisphotography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos": cahaya dan "grafo": melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

4. KARYA BATIK
Gambar terkait
"Motif Batik Semen Romo"
PAKUBUWONO KE IV 

Motif Semen dimaknai sebagai penggambaran dari “kehidupan yang semi” (kehidupan yang berkembang atau makmur). Terdapat beberapa jenis ornamen pokok pada motif-motif semen. Yang pertama adalah ornamen yang berhubungan dengan daratan, seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat. Kedua adalah ornament yang berhubungan dengan udara, seperti garuda, burung dan megamendung. Sedangkan yang ketiga adalah ornament yang berhubungan dengan laut atau air, seperti ular, ikan dan katak. Jenis ornament tersebut kemungkinan besar ada hubungannya dengan paham Triloka atau Tribawana. Paham tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia; dunia tengah tempat manusia hidup, dunia atas tempat para dewa dan para suci, serta dunia bawah tempat orang yang jalan hidupnya tidak benar/dipenuhi angkara murka.

5. KARYA RELIEF
"Relief Petani, Pemburu dan Nelayan"
PENGANUT AGAMA BUDDHA MAHAYANA (800M)
TEKNIK PAHAT

Kehidupan Masyarakat Jawa Kuno yang sudah mengenal berbagai macam mata pencaharian diantaranya petani, pemburu, dan nelayan. Relief ini merupakan Relief Karmawibhangga Panil No. 118. Petani digambarkan pada relief sedang membasmi hama tikus di kebun. Kebun yang digambarkan adalah kebun pisang. Pemburu yang terdiri atas tiga orang pemburu dan dua diantaranya sedang memegang panah untuk menangkap burung. Adapun nelayan digambarkan sedang menangkap ikan menggunakan alat untuk menangkap ikan. Di bagian lain seseorang memanggul ikan yang diikat pada sebatang tongkat.

6. KARYA KOLASE
Gambar terkait
"AllahuAkbar"
CANGKANG TELUR
TEKNIK MENEMPEL

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Bentuk tiga dimensi kolase dapat disebut dengan kolase tiga dimensi atau asemblase. Selama bahan tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar, akan menjadi karya seni kolase yang dapat mewakili persaan estetis orang yang membuatnya.

KARYA SENI RUPA 3D

1. KARYA PATUNG

Gambar terkait
"Patung Garuda Wisnu Kencana(GWK)"
I NYOMAN NUARTA
TEKNIK MENGECOR(1989)
Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.
Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.
Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari KutaSanurNusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi salah satu patung terbesar di Asia dan akan lebih tinggi daripada Patung Liberty.


2. KARYA ARSITEKTUR

Arsitek Indonesia Perpus Ui
Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge
BUDIMAN HENDROPURNOMO
(2009)

Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge) merupakan perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI). Perpustakaan ini menempati lahan 2,5 hektare dengan luas bangunan 33.000 meter persegi dan diresmikan tanggal 13 Mei 2011. Perpustakaan ini mulai dibangun semenjak Juni 2009.Perpustakaan ini memiliki 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku. Perpustakaan ini diperkirakan mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau 20.000 pengunjung per hari. Sebagian kebutuhan energi perpustakaan ini dipasok dari pembangkit listrik tenaga surya. Pembangunan gedung beserta pengadaan fasilitas perpustakaan ini menelan dana Rp 175 Milyar, dengan rincian Rp 123 Mliyar berasal dari anggaran pemerintah dan sisanya kerja sama dengan pihak swasta. UI sendiri menganggarkan Rp 12 M untuk perawatan dan pengadaan buku baru


3. KARYA INSTALASI

Gambar terkait
"Perangkap Ikan"
EKO AGUS PRAWOTO

BAMBU(2019)

Di cabang seni rupa, salah satunya yang mulai populer kini adalah seni instalasi atau seni merangkai, menyusun benda-benda menjadi seni visual tiga dimensi yang menyajikan makna tertentu dengan mempertimbangkan ruang dan waktu. Bambu pun acapkali digunakan sebagai bahan dasarnya. Apabila bambu dengan segala kelebihan dan kekurangannya dapat dirangkai dan disusun dalam seni instalasi yang lebih berkonotasi visual, tentu akan sangat mungkin seni instalasi ini diperluas maknanya sebagai seni instalasi arsitektural yang menempatkan ruang sebagai bagian penting yang berkenaan dengan guna ruang dalam khasanah pengetahuan arsitektur.


4. KARYA KRIYA
Hasil gambar untuk wayang golek cepot adalah
Wayang golek"Cepot"
ASEP SUNARYA SUNANDAR
TEKNIK UKIR&PAHAT (1994)

Wayang golek merupakan salah satu dari ragam kesenian wayang yang terbuat dari bahan kayu yang merupakan hasil perkembangan wayang kulit dari keterbatasan waktu supaya dapat ditampilkan pada siang atau malam hari. Pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kudus di daerah Kudus (dikenal Wayang Menak), Cirebon (dikenal Wayang cepak) lalu Parahyangan. Wayang golek sangat populer di wilayah Jawa Barat, daerah penyebarannya terbentang luas dari Cirebon hingga Banten.


5. KARYA KERAMIK

Image result for cody hoyt"
"Asymmetical Vessel"
CODY HOYT
(2014)


Wadah keramik buatan Cody Hoyt asal Brooklyn ini merupakan salah satu yang paling menarik dan tidak konvensional pada seni kontemporer saat ini. Dia menggunakan campuran gambar pola, sudut dramatis dan kombinasi lapisan yang membentuk "wadah yang melawan perspektif" menurut pendapatnya.
Berasal dari seorang pelukis, Cody berfokus pada permukaan yang rumit dan desain geometri yang hidup. Desain buatannya sedap dipandang mulai dari cipratan cat, zig-zag yang berdenyut, chevron yang saling mengunci, sampai pada pola papan catur bergelombang.
Cody berpindah dari pelukis menjadi seniman yang bermain-main dengan tanah liat sekitar 2 tahun yang lalu, Cody beradaptasi sangat cepat pada medium barunya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merangkum Materi Pameran

A.Tujuan Pameran Pameran mempunyai beberapa tujuan, seperti tujuan sosial, komersial, dan kemanusiaan. Tujuan sosial , yaitu karya seni...